Buka puasa bersama menjadi budaya di kalangan umat muslim Indonesia. Buka puasa bersama menjadi ajang mempererat silaturahmi antar sesama muslim. Tidak heran jika buka puasa bersama menjadi agenda wajib setiap bulan Ramadan. Suasana buka puasa bersama adalah suasana hangat ala keluarga yang dipenuhi dengan canda tawa dan perbincangan hangat. Begitupula suasana Buka Puasa Bersama STAIG Grobogan yang digelar pada hari sabtu tanggal 16 April 2022, di ruang serbaguna STAI Grobogan.

Kegiatan buka bersama STAI Grobogan diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STAI Grobogan. Sebelum pelaksanaan buka bersama, sebelumnya para mahasiswa melakukan kegiatan pembagian takjil gratis sekaligus pembagian brosur. kegiatan ini merupakan salah satu usaha mahasisw/i untuk mengedukasi warga sekitar untuk meningkatkan minat lanju belajar ke jenjang yang lebih tinggi (universitas). Pembagian takjil dilaksanakan di 2 titik yaitu di depan kampus STAI Grobogan yang beralamatkan di Danyang serta perempatan Polres Grobogan. Berlangsung kurang lebih dari pukul 15:00 s.d 16:00 sekitar 150 takjil habis dibagikan oleh para Mahasiswa/i STAI Grobogan. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama mahasiswa/i serta Bapak/ibu dosen serta karyawan. Buka puasa bersama kali ini diikuti oleh Pimpinan, Manajemen, Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa yang bertujuan untuk mendekatkan dan mengakraban hubungan antara sesama sivitas akademika STAIG Grobogan agar tetap terjalin silaturahmi.

Selain itu, buka bersama ini memberikan pengetahuan baru kepada sivitas akademika mengenai ibadah puasa yang berguna untuk membina ahlak sesuai dengan tema kultum yang disampaikan oleh Masrofi’I, M.Pd.I. yang bertemakan peran mahasiswa di Ramadhan 2022 menuju STAI Grobogan yang unggul dan berdaya saing berisi. Dengan isi pembahasan yang ringan serta menyasar di bincang Ramadhan kali ini, diharapkan mahasiswa/i STAI Grobogan tidak lagi rendah diri serta memiliki tekad yang kuat dalam menghadapi tantangan yang ada yang saat ini.