SEJARAH STAI GROBOGAN

Diakhir tahun 2009 para alumni pascasarjana (S2) Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta berkomitmen  untuk mengembangkan ilmu yang diperoleh melalui  sebuah wadah yang bergerak dibidang pendidikan yang selanjutnya dinamakan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Grobogan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Grobogan (YAPIG). Maka pada tanggal 10 juni 2010 secara resmi telah berdiri, sesuai surat keputusan Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI  Nomor Dj.1/358/2010.

Kehadiran Sekolah Tinggi Agama Islam Grobogan tentu telah mengukir sejarah di kabupaten Grobogan,karena sebagai satu-satunya perguruan tinggi Islam pertama  yang hadir dan berdiri di bumi “bersemi” yang kita cintai. STAI Grobogan merupakan aset dan kebanggaan masyarakat Grobogan. Apalagi  sebagai dewan pendiri/pembina diantaranya bapak Bambang Pujiono, S.H., yang saat ini menjabat bupati Grobogan untuk kali kedua. Oleh karena itu kami juga berharap dukungan semua pihak agar  STAI Grobogan semakin hari semakin eksis.

Antusias dan apresiasi masyarakat Grobogan cukup tinggi terhadap STAI Grobogan, dengan dibuktikan penerimaan mahsiswa baru Tahun Akademik 2010/2011 sebanyak 127 mahsiswa dengan program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Adapun Program studi yang dimiliki oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Grobogan meliputi : Manajemen Pendidikan Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam.

Tenaga Pengajar seluruhnya berpendidikan pascasarjana (S2) baik dari lulusan perguruan negeri maupun swasta. Keberadaan Sekolah Tinggi Agama Islam Grobogan diharapkan sebagai sarana dan ajang untuk berkarya agar mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya masyarakat Grobogan serta mampu bersaing dengan daerah lain. Karena salah satu indikator kemajuan suatu daerah akan sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang berkualitas.

STAI Grobogan diharapkan ikut berperan meningkatkan roda perekonomian daerah yang berimbas pada meningkatnya pendapatan daerah demi kesejahteraan masyarakat Grobogan. Demikian sekelumit uraian sejarah singkat berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam Grobogan semoga bermanfaat bagi kita semua.