Pendidikan dan pelatihan merupakan dua hal dalam Perguruan Tinggi yang mempunyai ciri khas ilmiah. Namun demikian, dua unsur tersebut  akan menjadi menara gading yang tidak mempunyai arti dan memiliki nilai manfaat bagi masyarakat, apabila tanpa disertai dengan Kuliah dalam masyarakat, yakni melalui pengabdian pada masyarakat.

Pengabdian pada masyarakat merupakan usaha mengamalkan hasil pendidikan, dan mencoba ikut membantu memecahkan problematika yang dihadapi masyakarat, dengan cara memberdayakan potensi yang ada dalam rangka melaksanakan pembangunan dibidang agama dan sosial kemasyarakatan.

Dengan demikian KKN ini menjadi objek dan sekaligus subjek dinamika paradigmatik pembinaan dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, karena tolok ukur keberhasilan dari segala ilmu yang dicapai Perguruan Tinggi adalah pemanfaatn ilmu di masyarakat sekitarnya. Sebaliknya ilmu yang didapatkan di Kampus juga se;v.j,/mata-mata untuk masyarakat, bahkan peranan akan lebih penting apabila ilmu tersebut relevan dengan kebutuhan pembangunan di masyarakat. Oleh karena itu, bagi Perguruan Tinggi di Indonesia pelaksanaan pengabdian pada masyakarat mutlak diperlukan bahkan merupakan suatu keharusan.

Berdasar pemikiran diatas, maka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Grobogan  merasa terpanggil untuk melaksanakan program di bidang pengabdian masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan kurikuler yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya di STAI Grobogan. Oleh sebab itu, KKN dipandang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, juga bagi almamater, pemerintah dan masyarakat.

KKN STAI Grobogan tahun 2022 di lakasanakan di Kecamatan Grobogan, bertempat di Desa Kedungrejo, Nglobar, Kandangan, Nambuhan, Waru Kangangaranyar. penyerahan dipimpin langsung Ketua STAI Grobogan yakni bapak Drs. H Muh Arifin, M.Pd.I dan penerimaan Mahasiswa KKN di terima  langsung oleh Bapak Camat Purwodasi yakni Bapak Tondi Sumarjaka, S.H. 

Dengan kegiatan KKN ini diharapkan dapat memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa, sehingga kelas mahasiswa mampu berikan perubahan yang baik di tempat tinggal masing-masing.