Solo, 29 – 31 Maret 2023

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan acara workshop bertajuk “Workshop Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) PTKIS Tahun 2023” untuk mendukung Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) dalam meningkatkan mutu program studi mereka. Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) diikuti oleh perwakilan dari Kopertais wilayah X Jawa Tengah dan Kopertais Wilayah III Yogyakarta. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 29-31 Maret 2023 di The Sunan Hotel Solo dengan jumlah peserta 57 orang.

Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerja sama dengan Best-Q Institute mengadakan kegiatan workshop dengan melibatkan tiga fasilitator ahli, yaitu Dr. Helmi Syaifuddin, M.Fil. I.; Dr. Muh Nashirudin, S.Ag., M.Ag.; Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd.I.; dan Yusuf Nalim, S.Si., M.Si. Kegiatan dimulai dengan sambutan dan arahan dari Ibu Hj. Zidal Huda, S.Ag., M.H. dan dilanjutkan penjelasan petunjuk teknis oleh Bapak Dr. Helmi Syaifuddin, M.Fil. Kemudian peserta melakukan pretest. Materi yang disampaikan terkait dengan Kebijakan Nasional SPM-Dikti, penyusunan kebijakan SPMI, manual SPMI, standar SPMI, formulir SPMI, efektivitas implementasi PPEPP, serta praktik terbaik implementasi SPMI yang telah dilakukan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai contoh yang dapat diikuti. Kegiatan ini membahas secara mendalam tentang kriteria-kriteria yang harus dipenuhi, memberikan based practice, dan pendampingan dalam proses penyusunan dokumen SPMI. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada lembaga pendidikan masing-masing.

Harapannya, Workshop Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Tahun 2023 ini dapat memberikan manfaat besar bagi pesertanya dan juga bagi PTKIS secara keseluruhan dalam akselerasi peningkatan mutu program studi mereka. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih dalam terhadap kriteria-kriteria yang harus dipenuhi dalam penyusunan dokumen SPMI serta memberikan praktek serta pendampingan dalam proses penyusunan dokumen tersebut. Adanya pemahaman yang lebih baik terhadap SPMI, PTKIS diharapkan dapat lebih efektif dalam mengimplementasikan sistem penjaminan mutu internal yang berkualitas dan sesuai dengan standar nasional. Kegiatan ini akan diakhiri dengan posttest dan ditutup oleh Ibu Hj. Zidal Huda, S.Ag., M.H. Beliau juga memberikan arahan terkait kegiatan-kegiatan lanjutan yang akan diadakan kedepannya untuk terus mendukung akselerasi peningkatan mutu program studi pada PTKIS.